Pengumuman

29 Apr 2021, 11:10:06 WIB, 194 Kali dilihat Admin, Kategori : Pidum

Kejaksaan Negeri Ogan Ilir melakukan penghentian Penuntutan berdasarkan Restorative Justice terhadap perkara An. Tersangka Doni Yanuardi Bin Junaidi Ahmad yang disangka melanggar Pasal 480 KUHP Ayat (1) KUHP.

Penghentian Penuntutan melalui Restorative Justice oleh Kejaksaan Negeri Ogan Ilir dilaksanakan berdasarkan Peraturan Jaksa Agung Kejaksaan Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2020 tentang Penghentian Penuntutan berdasarkan Keadilan Restoratif. Dengan penyelesaian kasus secara restorative justice, setiap masalah akan bisa diselesaikan secara kekeluargaan tanpa jalur hukum dengan pertimbangan sebagai berikut:
1. Tersangka membeli 1 (Satu) unit Hp jenis Oppo A3s seharga Rp.500.000,- (lima ratus ribu) rupiah) milik saksi Ully yang merupakan hasil kejahatan pencurian yang dilakukan oleh terdakwa Mat Heriyadi dikarenakan adanya desakan kebutuhan pendidikan anak dan juga tersangka belum mempunyai hp. Karena desakan tersebut, tersangka meminjam uang dari tetangga sebesar Rp. 500.000,- (lima ratus ribu rupiah);
2. Telah terjadi perdamaian di tingkat penyidikan antara tersangka dan saksi Ully (korban) sebagaimana tertuang dalam surat pernyataan damai yang ditandatangani kedua belah pihak;
3. Tersangka baru pertama kali melakukan tindak pidana;
4. Tersangka merupakan masyarakat tidak mampu berdasarkan Surat Keterangan Tidak Mampu yang ditandatangani oleh Kepala Desa Palem Raya dan memiliki tanggungan 1 orang istri dan 2 orang anak yang berumur 1 Tahun dan 4 Tahun;
5. Telah terjadi kesepakatan perdamaian tanpa syarat tanggal 15 April 2021 antara tersangka dan saksi korban Ully yang difasilitasi oleh fasilitator Kejaksaan Negeri Ogan Ilir yang disaksikan oleh Kepala Desa, Kepala Dusun, Keluarga tesangka, Keluarga Saksi Korban , dan Penyidik. (RJ-7)
6. Adanya dukungan dari masyarakat Desa Palem Raya dalam hal ini diwakili oleh kades dan kadus terhadap penghentian penuntutan perkara ini.

Tersangka dikeluarkan dari Lapas Tanjung Raja oleh Kasi Pidum dan Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Ogan Ilir dengan disaksikan oleh Kades Palem Raya, Kadus, serta Keluarga tersangka.




Komentar
Belum ada komentar